aaa.png

Sembilan Puluh Sembilan Persen Sama

  • Dipost oleh Admin
  • 16 June 2016 16:43:22
  •   0 Komentar

Manusia merupakan makhluk yang sangat unik, namun sekaligus tidak terlalu berbeda satu sama lain. Mengapa? Faktanya, 99% lebih DNA setiap manusia di Bumi ini adalah sama satu dengan yang lain, dan kurang dari 1% yang membuat kita berbeda satu sama lain.

Artinya, sebenarnya saya, Anda, dan orang lain di sekitar kita adalah makhluk ciptaan yang persis sama. Kita sama-sama berhak mendapatkan makanan yang cukup, sama-sama berhak mendapatkan pendidikan yang memadai, sama-sama memiliki kebebasan untuk berekspresi. Lalu, mengapa kenyataannya berbeda?

Ada orang yang tidak perlu mengkhawatirkan biaya, ada orang yang berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada orang yang memiliki segalanya, ada juga yang kehilangan segalanya. Mengapa kehidupan dibuat seperti itu? Padahal kita satu sama lain adalah makhluk yang hampir sama persis.

Mungkin salah satu jawabannya adalah, supaya kita saling melengkapi. Yang tidak pernah khawatir akan biaya, dapat membantu yang berjuang keras dan mengkhawatirkan biaya. Yang memiliki segalanya, belajar untuk bersyukur dari yang kehilangan segalanya dan mau menemani serta membantu sesama nya yang kekurangan. Bila Anda memiliki posisi yang  lebih baik dari orang lain, belajarlah untuk bersyukur dan menjaga kerendahan hati Anda karena Anda tidak dapat mencapai semuanya sendiri tanpa Tuhan dan orang-orang di sekitar Anda. BIla Anda merasa memiliki posisi yang masih kurang baik dari orang lain, belajarlah dari orang-orang di sekitar Anda maupun yang memiliki kelebihan supaya Anda termotivasi untuk mengejar masa depan yang lebih cerah.

Terkadang, kepekaan hati dibutuhkan agar kita menyadari bahwa kita diciptakan untuk saling melengkapi. Saling membantu dan dibantu, saling memberi dan diberi, saling menguatkan dan dikuatkan, saling menyayangi dan disayangi, saling menasehati dan dinasehati, saling mendengarkan dan didengarkan. Menyadari bahwa walaupun kita sama, namun dunia ini begitu luas, begitu berbeda di setiap lingkungan, dan ada 1% dari diri kita yang memegang peran besar yang membuat kita unik.

Tidak semua orang terpenuhi kebutuhannya setiap hari. Hidup merupakan roda yang terus berputar. Akan ada saatnya suatu titik dalam roda berada di atas, lalu ketika roda berjalan, titik tersebut akan begeser menuju ke bawah, lalu ke atas lagi. Terkadang kita perlu terjatuh agar kita mensyukuri ketika kita pernah diatas, lalu ketika berhasil dapat bersyukur karena kita dapat mengatasi masalah ketika terjatuh.

Maukah Anda menjadi orang yang sadar dan ingin saling melengkapi satu sama lain?


Bagikan :

Tinggalkan komentar Anda :
Silahkan masuk ke akun Anda terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Masuk